Jengkol Abdya
ivan | 21 Mar 2021 | Terkini

Uji keunggulan dilakukan terhadap Pohon Induk Tunggal (PIT) Jengkol varietas Abdya terpilih atas nama Jon Harnalis dengan nomor registrasi sementara Jkl. Abdya/ Aceh / 0. 547 / Abdya/  2019 berlokasi di desa Kayee Aceh, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya. Pengamatan karakteristik telah dilakukan pada periode I (pertama) dimulai bulan Juni sampai dengan bulan Oktober 2019 dan dilanjutkan pengamatan II (kedua) pada bulan April sampai dengan bulan Agustus2020.

Hasil pengamatan diperoleh data produksi buah (polong) per pohon per tahun mencapai 350 - 440 kg, dengan berat pertandan 422 – 637 gram, Jumlah polong per pohon pertahun berkisar 661– 815 tandan,  diameter biji 34,30 – 48,10 mm serta ketebalan  kulit polong berkisar 4,10 - 7,20 mm dan tahan dalam proses pengangkutan jarak sehingga buah Jengkol varietas Abdya tidak hanya dipasarkan dalam Kabupaten Aceh Barat Daya tetapi juga banyak dijumpai pada pasar buah di Kabupaten lain dalam Provinsi Aceh bahkan pemasaran di Sumatera dan pulau Jawa.

Mendukung pengembangan Jengkol Varietas Abdya dimasa mendatang dalam rangka mensukseskan program pengembangan tanaman sayuran di Provinsi Aceh khususnya Kabupaten Aceh Barat Daya, maka Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Barat Daya bekerja sama dengan pemulia tanaman dan peneliti dalam rangka penyedian benih sumber untuk pembuatan Blok Fondasi (BF) Jengkol varietas Abdya.

Dalam  menjaga kelestarian Pohon Induk Tunggal (PIT) Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Barat Daya pada tahun 2020 ini akan bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh  membuat Duplikat Pohon Induk Tunggal (PIT) Jengkol varietas Abdya diklasifikaskan sebagai Benih Penjenis (BS) pada lokasi Balai Benih Induk (BBI)  Hortikultura Saree - Aceh.

Pembuatan Blok Fondasi (BF) akan dilakukan dimulai pada akhir tahun 2020 secara berkelanjutan dengan menggunakan hasil perbanyakan PIT (kelas Benih Penjenis/BS) melalui sistem perbanyakan benih secara vegetatif. Selain itu Dinas Pertanian Tanaman dan Pangan Kabupaten Aceh Barat Daya juga bekerja sama dengan penangkar benihJengkol setempatdan  membuat Blok Pengandaan Mata Tempel (BPMT) Jengkol varietas Abdya yang sumber benihberasal dariPohon Induk Tunggal (PIT) Jengkol varietas Abdya. Sedangkan perbanyakan Benih Sebar (BR) dilakukan pada setiap tahun oleh penangkar benih dan disesuaikan dengan penyerapan pasar.

Untuk mendukung rencana pengembangan Jengkol, penangkar benih hortikultura sampai dengan tahun 2023 akan mempersiapkan sebanyak 500.000 benih jengkol varietas abdya dalam rangka mendukung program pemberdayaan petani maupun reboisasi. Pada tahun 2019 telah ditanam sebanyak 18.000 benih (kelas Benih Sebar) dan pada tahun 2020 telah tersedia sebanyak 60.000 benih (kelas Benih Sebar). 

UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH
BALAI PENGAWASAN DAN SERTIFIKASI BENIH TANAMAN PANGAN, HORTIKULTURA DAN PERKEBUNAN
DINAS PERTANIAN DAN PERKEBUNAN ACEH

Jln. Panglima Nyak Makam No.30 Telp. (0651) 7551680, 7551679, E-Mail : bpsbtphp[at]acehprov.go.id, Lampineung Kota Banda Aceh
Hak Cipta di Lindungi Undang-Undang, Aceh-Indonesia 2014-2024